SISTEM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE AT-TIBYAN DI RUMAH TAHFIDZH UMMUL QUR’A KOTA BANJARMASIN

  • Muhammad Iqbal Ansari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pembelajaran Al-Qur’an dengan metode At-Tibyan serta faktor pendukung dan penghambatnya di Rumah Tahfidzh Ummul Qura’ kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus (case studies). Adapun sumber data berupa data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang dipilih dalam penelitian ini yaitu: narasumber (informan), peristiwa atau aktivitas, tempat atau lokasi. Analisis dilakukan mulai tahapan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, serta verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Bedasarkan penelitian ditemukan bahwa sistem pembelajaran dengan metode At-Tibyan Rumah Tahfidzh Ummul Qura’ dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu: 1) perencanaan sistem dilaksanakan melalui penentuan tujuan, langkah-langkah pembelajaran, dan penentuan guru, 2) Pelaksanaan dilaksanakan dalam bentuk klasikal kemudian dilanjutkan dengan kelompok secara parsial. 3) Pengendalian/evaluasi sistem dilakukan secara formatif dan sumatif. Adapun faktor pendukung sistem pembelajaran ialah faktor guru, faktor materi dan metode, faktor fasilitas, faktor lingkungan dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat ialah kondisi peserta didik yang kelelahan dan orang tua yang kurang bekerjasama dalam mengawasi aktifitas ibadah dan murajaah peserta didik di rumah.

References

Ansari, Muhammad Iqbal. 2016. Pelaksanaan Karantina Tahfidzh 30 Hari untuk Anak Usia SD/MI. Jurnal Muallimuna: PGMI FSI UNISKA MAB Banjarmasin.

Burden, Paul dan Byrd, David. 1994. Methods for Effective Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Hadi, Sutrisno. 2007. Metodologi Reseach Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayah, Widya Nur. dan Ahmad Nawawi. 2017. Metode Suku Kata untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Peserta Didik Low Vision. JASSI_anakku Volume 18 Nomor 2.

Lutfi, Ahmad. 2014. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.

Mustikawati. 2015. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Suku Kata (Syllabic Method) pada Peserta didik Kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha Vol.2. No.1.

Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, John W. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tarmansyah,dkk. 2013. Efektifitas Metode Kupas Rangkai Suku Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Kesulitan Membaca. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Vol.2, No.3.

Tim Bina Karya. 2009. Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Jakarta: Erlangga.

uinjkt.com. 2018. http://www.uinjkt.ac.id/id/buta-aksara-alquran/

Warsitohadi. 2016. Manajemen Sistem Pembelajaran di Sekolah. Salatiga: PGSD-FKIP Salatiga.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Intrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulyawati. 2016. Implementasi Metode At-Tibyan dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an untuk Anak Usia Dini. Bandung: Uinveritas Pendidikan Indonesia.

Published
2018-12-01