STRATEGI MANAJEMEN SYARIAH DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL DAN MEMENANGKAN PERSAINGAN PASAR DI SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR

(STUDI KASUS PADA PERUMAHAN SHARINATA CITY)

  • Kokom Komariah

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen syariah dalam menghadapi era digital dalam memenangkan persaingan pasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif  dengan pendekatan studi kasus. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang sifatnya umum terhadap kenyataan sosial dari perspektif partisipan melalui data-data yang bersifat deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci, dan mendalam terhadap suatu objek tertentu dengan mempelajarinya sebagai suatu kasus. Dari hasil penelitian dilapangan bahwa dengan adanya manajemen syariah yang ditawarkan Perusahaan Perumahan Sharinata City kepada konsumen/custemer merupakan daya tarik tersendiri terutama bagi kaum muslimin yang betul-betul menginginkan kehidupan benar-benar sesuai dengan syariat islam maka dengan tangan terbuka, dan kabar gembira bahwa di Samarinda sudah ada Perusahaan perumahan syariah yang benar-benar menerapkan syar’i tersebut maka tidak heran dalam menjaring konsumen/custemer dalam 3 pekan mendapatkan 200 konsumen/custemer yang langsung bergabung untuk memiliki hunian Syariah di Perumahan Syariah Sharinata City sebagai kota Mandiri dikota Samarinda. Sampai saat ini jumlah konsumen/custemer yang sudah bergabung untuk memiliki huniah di perumahan Syariah Shariniata City adalah konsumen/custemer.

References

At-Tawassuth, Vol.2, No. 1, 2017: 211-234

Al Ries dan Hermawan Kertajaya, 1977, Fokus, masa depan perusahaan anda ditentukan oleh fokus, Edisi Ketiga, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.

Ali Muhammad Taufik, 2004, Prkatik Manajemen Berbasis Al-Qur’an , Jakarta: Gema Insani.

erry, L, and Parasuraman. 1991. Marketing Service Competing Through Quality. New York: The Free Press.

Bilson Simamora, 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dagis Perkasa Wawuh .2012. Dampak positif dan Negatif dari Teknologi Komunikasi dalam kehidupan Masyarakat.

Freddy Rangkuti, Analisi SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 1997), h.18-19

Firmanzah , 2012. Pemasaran Politik, Antara Pemahaman dan Realita. Jakarta: yayasan Obor Indonesia Kotler, Philip, dk.2010. Pemasaran 3.0. jakarta: Erlangga.

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Handayani, R, Yermias T. K., dan Ratminto. 2003. “Analisis Kepuasan Pemakai terhadap Pelayanan Perpustakaan Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”. Sosiosains, Volume 17 Nomor 2, April 2003. Pasca Sarjana Fisipol UGM. Yogyakarta.

Hadrari nawawi, 1983, , Jakarta : PT Gunung Agung

Harahap, isnaini. Dkk.2015. Hadis-Hadis Ekonomi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Harahap, Saidurrahman.2016. Hukum Islam dalam Hukum Nasional” dalam Politik Islam Ala Indonesia: Kumpulan Essay Politik. Medan: Perdana Publising.

Hamel dan Prahalad. Manajement. New delhi : Tata McGraw Hill, 1995.

Husaini usman, 2003, Manajemen: Teori, Praktek dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Husain Umar, Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen, (Jakarta: Gramedia, 2000), h. 169.

https://konsultansi.wordress.com

https://sharinata. Business.site

https://m.facebook.com>sharinatacity

http://pendapatangirsang.blongspot.co.id/2012/12/kelemahan-dan-kaunggulan-sistem.html

https: //eprints.uny.ac.id>...PDF

Jurnal. Uinsu.ac.id>article>dowload

Kasali, Rhenald. Diruption. Gramedia:Jakarta,2017.

Kasmir & Jafar.2015. Studi Kelyakan Bisnis. Jakarta: Kencana.

Luis et al. (2006). Nutrition assessment: predictive variables at hospital admission related with length of stay. Annals of nutrion and metabolism,50(-);394-398.

Malhotra , Naresh k. Marketing Reseach An Applied Orientation. Second edition, ( Prentice-hall International, Inc. New Yersey, 1983),h 644.,

Mariono dkk.2008. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Ditama

Nanang fatah,2008, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Prof. Dr. H. Engkoswara Dan Dr. Hj. Aan Komariah, M.pd.2012, Administrasi Pendidikan, Bandung: ALFABETA(Prentice –Hall International. Inc, New Yersey, 1983), h 148.

Porter, Michael.2000. Strategi Bersaing. Erlangga: Jakarta.

Ramayulis,2008, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. 2009. Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Syafiie, Kencana. INU, Drs.1993. Manajemen Indonesia. PT. Rieneka Cipta: Jakarta.

Swasta, Basu dan Irawan.2008. Manajemen Pemasaran Modern . Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Suyantoro, M. Strategi Management : Global Most Admired Companies, Yogyakarta : CV ANDI OFFSET 2007.

Subagyo, Joko. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, Cet.3, 1999.

Thomas L. Wheelen, J. David Huger, (2010:53) Strategi Manajement and Business Policy Achieving Sustainability. Twelfth Edition. Person, Yogyakarta : Penerbit Andi

www.PwC.com/structure-for-futher-details

www.sharinata.id

Published
2018-12-01