KAJIAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM TINJAUAN HISTORIS, SOSIOLOGI, POLITIS, EKONOMIS DAN MANAJEMEN NEGARA

  • Agus Setiawan IAIN Samarinda

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis kurikulum pendidikan agama Islam dalam tinjauan historis, sosiologis, politis, ekonomis dan manajemen negara. Metode yang digunakan adalah analisis konten, yaitu menganalisis kurikulum PAI dari beberapa aspek. Hasil analisis memberikan gambaran bahwa kurikulum Pendidikan agama Islam senantiasa mengalami perkembangan sebagaimana sifatnya yang sentiasa berubah dipengaruhi oleh faktor-faktor persekitaran manusia yang terlibat dalam kepentingannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kurikulum itu sendiri mencerminkan idealisme dan perubahan keperluan masyarakat dan negara, melalui institusi persekolahan yang akan meneruskan kebudayaan. Faktor historis menggambarkan bahwa kurikulum pendidikan mengalami 11 kali perubahan dengan berbagai inovasi yang ditawarkan untuk peningkatan mutu pendidikan, terlebih pendidikan Islam di dalamnya dengan adanya peraturan Menteri agama. Juga faktor sosiologis yang berusaha untuk mensinergikan kurikulum PAI dengan nilai-nilai sosial masyarakat Indonesia sesuai kearifan lokalnya. Faktor politis juga ikut mempengaruhi arah kebijakan kurikulum PAI. Indonesia yang merupakan mayoritas penduduknya muslim, ikut memberikan pengaruh positif bagi pendidikan Islam di Indonesia. Pada faktor ekonomis, kurikulum PAI saat ini konsen pada pembangunan SDM yang menunjang ekonominya. Dan terakhir pada faktor manajemen negara, bahwa saat ini masing-masing Lembaga sudah otonomi dalam membagi manajemennya, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kementerian Pendidikan Islam secara khusus dibawah Kementerian Agama. Dengan manajemen ni sangat memudahkan untuk mengembangkan arah kurikulum PAI sesuai konteks digitalisasi Islam.

References

Alamsyah, Pembinaan Pendidikan Agama. Jakarta: Depag RI, 1982.

Albarobis, Muhyidin A. Sutrisno, Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Jakarta, Ar-Ruzz Media, 2012.

Anwar Us, Kasful. Dimensi Hubungan Negara, Politik dan Pendidikan, TA’DIB, Vol. XV. No. 02. Edisi, Nopember 2010.

Assagaf, Abd. Rachman. Internationalisasi Pendidikan, Sketsa Perbandingan Pendidikan di Negara-Negara Islam dan Barat. Yogyakarta: Gama Media, 2003.

Daulay, Haidar Putra. Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1999.

Djuwaeni, M. Irsyad. Pembaruan Kembali Pendidikan Islam. Jakarta: Karsa Utama Mandiri, 1998.

Fatah, Nanang. Ekonomi & Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Halim, Abd. Rahman. "Kebijakan dan Partisipasi Masyarakat: Studi Kritis Terhadap Perspektif Pembinaan Madrasah Swasta di Sulawesi Selatan", Disertasi; Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2007.

Hamalik, Oemar. Sistem dan Prosedur Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Trigendi Karya, 1993.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Edisi Revisi. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008.

Hasyim, Farid. Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Filosofi Pengembangan Kurikulum Transformatif Antara KTSP dan Kurikulum 2013. Malang: Madani, 2015.

https://economy.okezone.com/read/2018/02/03/20/1854285/ anggaran-pendidikan-rp444-triliun-tapi-indeks-pembangunan-manusia-di-indonesia-kalah-dari-malaysia.

https://ristekdikti.go.id/menristekdikti-nasir-indonesia-siap-menyambut-globalisasi-pendidikan-dan-revolusi-industri-ke-4.

Idi, Abdulah. Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Machali, Imam dan Ara Hidayat, The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Machali, Imam. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045, Jurnal Pendidikan Islam, Volume III, Nomor 1, Juni 2014/1435.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Mudlofir, Ali. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindi Persada, 2014.

Muhammedi, Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal, RAUDHAH: Vol. IV, No. 1: Januari-Juni 2016.

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

Nasution, Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Nata, Abuddin. Kajian Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Diunduh di ResearchGate, https://www.researchgate.net/publication/301203698, DOI: 10.13140/RG.2.1.2827.5607.

Nata, Abuddin. Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006.

Nugroho, Riant. Kebijakan Pendidikan Unggul. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Nuryanti, Filsafat Pendidikan Islam Tentang Kurikulum, Hunafa, Vol. 5, No. 3, Desember 2008.

Rahim, Husni. Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, t.t.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2006.

Republik Indonesia, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara, cet. 1, 2008.

Rustam Abong, Konstelasi Kurikulum Pendidikan Di Indonesia, At-Turats, Vol. 9 Nomor 2 Desember Tahun 2015.

Sabda, Syaifuddin. Pengembangan Kurikulum Tinjauan Teoritis. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

Salamah, Pengembangan Model Kurikulum Holistik PAI pada Madrasah Tsanawiyah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 2010.

Setiawan, Agus. Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji), Dinamika Ilmu, 14 (1), 2014.

Shabir U, M. Kebijakan Pemerintah Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia, Lentera Pendidikan, Vol. 16 No. 2 Desember 2013.

Soedijarto, Konsep & Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Soetopo dan Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Soetopo, Hendyat dan Wast Soenanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Subandiah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Suradinata, Ermaya. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Ramadhan, 2002.

Yaqin, Husnul. Sistem Pendidikan Pesantren di Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Antasari Press, 2010.

Published
2018-12-01