EFEKTIVITAS METODE TIKRAR PADA PROGRAM TAHFIZHUL QURAN KELAS 3 DI MI NORMAL ISLAM RASYIDIYAH KHALIDIYAH (RAKHA) AMUNTAI

  • Husin Husin Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) Amuntai
  • Yenny Kusuma Dewi STIQ Amuntai, Kalimantan Selatan, Indonesia
Keywords: Metode Tikrar, Tahfizul Quran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode Tikrar pada program Tahfizhul Quran kelas 3 di MI  RAKHA Amuntai dan hal apa saja yang memepengaruhi efektivitas metode Tikrar pada program Tahfizhul Quran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 31 orang yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05)sehingga disimpulkan, bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata hasil nilai Tahfizul Quran siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

References

Ammar, Abu, dan Abu Fatih Al-Adnani. Negeri-Negeri Penghafal Alquran. Solo: Al-Wafi Publishing, 2015.
An-Nawawi, Imam Abu Zakaria Yahya bin Syaraf. At-Tibyan Adab Penghafal Alquran. Diterjemahkan oleh Umniyyati Sayyidatul Hauro’, Shafura Mar’atu Zuhda, dan Yuliana Sahadatilla. Solo: Al-Qowam, 2014.
Fathurrohman, M. Mas’udi. Cara Mudah Menghafal Alquran Dalam 1 Tahun. Yogyakarta: Elmatera, 2012.
il, Dar ar-Rasa’. Yakinlah! Menghafal Alquran itu Mudah ! Dar ar-Rasa’il Digital Publishing, 2018.
Ma’shun, Ahmad. “Pembelajaran Tahfidz Alquran Pondok Di Pesantren Tahfidzul Quran Darul Quro Sidareja.” Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2016.
Pratiwi, Hesti Indah. “Pengaruh Metode Tikrar Terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Santri Kelas Takhassus Putri Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Rejoso Peterongan 1 Jombang.” Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.
RI, Depag. Kitab Suci Alquran Al- Fatih Dengan Alat Peraga Tajwid Kode Arab. Jakarta: Insan Media Pustaka, 2012.
RI, Kementrian Agama. Alquran Tikrar. Bandung: Sygma, 2014.
Sa’dulloh. 9 Cara Praktis Menghafal Alquran. Depok: Gema Insani, 2008.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Yunus, Mahmud. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wa Dzurriyah, 2010.
Published
2019-06-01
How to Cite
Husin, H., & Dewi, Y. (2019). EFEKTIVITAS METODE TIKRAR PADA PROGRAM TAHFIZHUL QURAN KELAS 3 DI MI NORMAL ISLAM RASYIDIYAH KHALIDIYAH (RAKHA) AMUNTAI. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 41-51. https://doi.org/10.62815/darululum.v10i1.25