PENERAPAN PENGELOLAAN KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 13 HULU SUNGAI UTARA

  • Rusdi Bahar Akademi Maritim Nusantara
  • Mardiyah Mardiyah STIQ Amuntai

Abstract

Penerapan pengelolaan kelas yang baik dapat menciptakan kelas yang memiliki suasana belajar yang menggairahkan, dan dapat memfokuskan peserta didik untuk tetap fokus dalam belajar. Penerapan pengeloaan kelas yang baik terpancar dari keterampilan guru khususnya wali kelas dalam mengelola kelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengelolaan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 13 Hulu Sungai Utara dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian adalah enam orang wali kelas (kelas IV-V), dan objeknya adalah penerapan pengelolaan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 13  Hulu Sungai Utara. Data penelitian  dikumpulkan  melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah, yaitu: pengumpulan data, pengorganisasian data, data display, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah penerapan pengelolaan  kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 13  Hulu Sungai Utara sudah cukup baik. Hal itu disebabkan oleh Wali kelas IV-V dari kepemimpinannya menggunakan beberapa tipe kepemimpinan, kepribadiannya bersifat objektif, dalam menambah pengetahuannya menggunakan berbagai usaha dan menjalin hubungan yang baik dengan peserta didik dalam menambah pemahamannya tentang mereka, lebih dari sebagian peserta didik sadar akan tugas dan kewajibannya sebagai anggota di kelas, keadaan lingkungan keluarga peserta didik lebih dari sebagian sudah mendukung, dan adanya usaha wali kelas IV-V dalam menutupi kekurangan fasilitas di kelas dengan baik. 

References

Asbar, Andi Muhammad. “Strategi Guru Dalam Pengelolaan kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 39 Bulukumba.” Jurnal Ilmiah Al-QALAM 12, no. 1 (2018).
Bafadal, Ibrahim. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. 4 ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Basrowi, dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Ghofar, Abdul. “Fleksibilitas Pengelolaan Kelas Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2017).
Kurniadi, Didin, dan Imam Machali. Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2016.
Margono. Metode Penelitian Pendidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Megawanti, Priarti. “Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia,” 2015.
Nurhadi, dan Maria Sanprayogi Ningsih. “Implementasi Manajemen Kelas Di MTs Jabal Nurrohman Kasreman Kabupaten Ngawi Jawa Timur.” AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education 02, no. 01 (2017).
RI, Departemen Agama. Kumpulan Undang-Undang Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: tp, 2007.
Sudjana, Nana, dan Awal. Proposal Penelitian Perguruan Tinggi. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008.
Sujarwo. “Pendidikan Di Indonesia Memprihatinkan,” 2015.
Urendenberg, Jacob. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia, 1998.
Warsono, Sri. “Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa” 10, no. 5 (2016).
Published
2019-06-01
How to Cite
Bahar, R., & Mardiyah, M. (2019). PENERAPAN PENGELOLAAN KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 13 HULU SUNGAI UTARA. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 1-14. https://doi.org/10.62815/darululum.v10i1.26