URGENSI MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF EKOLOGI, PSIKOLOGI, DAN SOSIOLOGI

  • Helmiannoor Helmiannoor

Abstract

Lingkungan pendidikan adalah suatu institusi atau kelembagaan tempat berlangsungnya pendidikan. Lingkungan ini sangat berguna untuk menunjang proses suatu kegiatan agar berjalan dengan baik, termasuk kegiatan pendidikan. Tujuan penulisan atrikel ini adalah membahas tentang pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan Islam dalam pandangan ekologi, psikologi, dan sosiologi. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa berdasarkan teori ekologi, psikologi, dan sosiologi, lingkungan pendidikan memberikan pengaruh besar dalam keberrhasilan proses pendidikan Islam. Artikel ini berkesimpulan bahwa untuk penyelenggaraan pendidikan Islam perlu ditopang oleh lingkungan pendidikan Islam yang baik.

References

Ali, Muhammad. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Jakarta: Pustaka Amani, 2006.

Beilharz, Peter. Teori-Teori Sosial: Observasi Kritis terhadap Para Filosof Terkemuka, alih bahasa Sigit Jatmiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Darajat, Zakiah, dkk. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. 4. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2000.

Faisal, Sanafiah. Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, t.th.

Hidayah, Rifa. Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: UIN Malang Press, 2009.

Idris, Zahara. Dasar-Dasar Kependidikan. Padang: Angkasa Raya, 1987.

Irwandi, Zoer’aini Djamal. Prinsip-Prinsip Ekologi, Ekosistem, Lingkungan dan pelestariannya, Cet ke-7. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Maksum, Ali. Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Gol & IDB, 2013.

Mustaqim. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Noer Ali, Hery. Ilmu Pendidikan Islam, Cet 1. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 1999.

Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan, Cet 8. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1995.

Quthb, Muhammad Ali. Sang Anak dalam Naungan Pendidikan Islam. Bandung: CV Diponegoro, 1993.

Rosyadi, Khoiron. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Sahakian, William S. History of Philosophy: from Earliest Times to the Present. New York: Barnes & Nobles Books, 1968.

Santrock, J. W. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2008.

Sutiyono. Ilmu Pendidikan Islam, Jilid 1. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Undang-Undang Republik Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional 2003, (Jakarta: Cemerlang, 2003.

Yusuf, A. Muri. Pengantar Ilmu Pendidikan, Cet 2. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1986.

Published
2018-12-01
How to Cite
Helmiannoor, H. (2018). URGENSI MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF EKOLOGI, PSIKOLOGI, DAN SOSIOLOGI. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 9(2), 194-205. https://doi.org/10.62815/darululum.v9i2.20