URGENSI KECERDASAN INTERPERSONAL GURU DALAM PENDIDIKAN

  • Hubbil Khair STIT Darul Ulum Kotabaru

Abstract

Kecerdasan  interpersonal  adalah  kemampuan  memahami dan   membuat perbedaan dalam suasana hati, maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Kecerdasan ini merujuk pada   kemampuan   seseorang   untuk   menjalin   hubungan sosial yang baik dengan indikatornya antara lain sikap empati, kesadaran diri, kemampuan pemecahan masalah, serta kemampuan berkomunikasi dengan efektif. Kecerdasan ini amat dibutuhkan guru dalam memenuhi kebutuhan akan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosialnya dalam pendidikan.

Guru merupakan komponen penting dalam pendidikan, sehingga meningkatkan   kualitas guru merupakan suatu keniscayaan bagi kemajuan dunia pendidikan serta masa depan  suatu  bangsa.  Setidaknya  ada  empat    kompetensi yang   harus dimiliki oleh guru dalam rangka mengemban tugas  mulianya sebagai pengajar sekaligus pendidik. Empat kompetensi  itu adalah  kompetensi profesional,  pedagogik, kepribadian,  dan kompetensi  sosial.

References

Kunandar, 2007. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers
Kunandar, 2011. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum
Tingkat Satuan pendidikan Jakarta: PT Gajah Grafindo Persada
Safaria, T, 2005. Interpersonal Intelligence. Yogyakarta : Amara Books Samana, 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius
Setiawan, Agus, Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji), Dinamika Ilmu Vol. 14, No. 1, Juni 2014,
Sudarwan, Danim, dan Khairil, 2011. Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru) Bandung: Alfabeta
Yaumi, Muhammad, 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat
Published
2018-06-01
How to Cite
Khair, H. (2018). URGENSI KECERDASAN INTERPERSONAL GURU DALAM PENDIDIKAN. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 9(1), 107-123. https://doi.org/10.62815/darululum.v9i1.6