URGENSI KECERDASAN INTERPERSONAL GURU DALAM PENDIDIKAN
Abstract
Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan memahami dan membuat perbedaan dalam suasana hati, maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Kecerdasan ini merujuk pada kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan sosial yang baik dengan indikatornya antara lain sikap empati, kesadaran diri, kemampuan pemecahan masalah, serta kemampuan berkomunikasi dengan efektif. Kecerdasan ini amat dibutuhkan guru dalam memenuhi kebutuhan akan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosialnya dalam pendidikan.
Guru merupakan komponen penting dalam pendidikan, sehingga meningkatkan kualitas guru merupakan suatu keniscayaan bagi kemajuan dunia pendidikan serta masa depan suatu bangsa. Setidaknya ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dalam rangka mengemban tugas mulianya sebagai pengajar sekaligus pendidik. Empat kompetensi itu adalah kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan kompetensi sosial.
References
Kunandar, 2011. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum
Tingkat Satuan pendidikan Jakarta: PT Gajah Grafindo Persada
Safaria, T, 2005. Interpersonal Intelligence. Yogyakarta : Amara Books Samana, 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius
Setiawan, Agus, Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji), Dinamika Ilmu Vol. 14, No. 1, Juni 2014,
Sudarwan, Danim, dan Khairil, 2011. Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru) Bandung: Alfabeta
Yaumi, Muhammad, 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat